Home » » Menghilangkan Dual Boot Windows 7

Menghilangkan Dual Boot Windows 7

Written By RAHLEST SHOP (rahadianiwan) on Minggu, 20 Januari 2013 | 05.05



Cara Menghilangkan Dual Boot Windows 7 Ultimate. Cara mengubah dual boot ini karena saya mengalami sendiri dual boot pada windows 7 ultimate, setelah sebelumnya saya melakukan installasi ulang sistem operasi windows 7 di komputer saya. Setelah selesai melakukan installasi, ternyata windows yang tadinya langsung masuk ke desktop, ternyata harus melalui pemilihan dua buah sistem operasi yang sama yaitu sama-sama windows 7. Hal ini dikarenakan saat melakukan installasi ulang windows 7 yang baru, windows 7 yang lama dipindahkan ke sebuah directory bernama windows.old.
Cara menghilangkan atau menghapus dual boot pada windows ultimate ini hampir sama dengan cara mengubah dual boot menjadi single boot pada windows xp. Untuk anda yang mengalami masalah sama dengan apa yang saya alami, silahkan ikut Cara menghilangkan dual boot windows 7 ultimate berikut ini, namun sebelum mengapus sebaiknya melihat terlebih dahulu dua sistem operasi yang tersimpan dalam boot manager. Meskipun keduanya sama-sama windows 7 tetapi salah satu pasti akan dijadikan Default. Sistem operasi yang default biasanya yang berada pada pilihan utama (paling atas) saat windows melakukan loading. Berikut cara menghilangkan dual boot windows 7 menggunakan DOS Command BCDEDIT (Boot Configuration Data Edit).
1. Jalankan command prompt dengan cara klik Start – All Programs – Accessoriess, klik kanan pada Command Prompt dan pilih Run as Administrator.
2. Melihat dual boot dalam boot manager dengan mengetikkan perintah BCDEDIT dan tekan ENTER









3. Pada gambar di atas, terlihat jelas bahwa ada dua boot loader windows 7, yaitu Windows Boot Loader {default} dan Windows Boot Loader {Current} Oleh karena saya akan menghapus boot loader default, maka saya harus menggunakan perintah untuk menghapus boot loader default tersebut.
4. Hapus windows boot loader Default dengan mengetik BCDEDIT /delete {default} dan ENTER



5. Pesan The operation completeted Successfully menandakan bahwa proses menghapus salah satu boot loader sudah selesai dan berhasil.
6. Lakukan restart komputer anda, windows tidak akan menampilkan dual boot lagi melainkan langsung masuk ke windows 7.

1 komentar:

  1. Nice Info Jangan Lupa Kunjungi Blog Saya
    https://rentalsewalaptopsurabaya.wordpress.com/

    BalasHapus

TV ONLINE INDONESIA